Selasa, 22 Maret 2011

Iklan dan Perilaku Konsumen



Perkuliahan ini dipresentasikan oleh bapak Dr. Chairy. Beliau menjelaskan tentang iklan yang ada di berbagai media yang ada seperti televise, radio, dan berbagai media cetak. Iklan yang tertera dalam media tersebut dibuat sangat sederhana agar dapat dimengerti khalayak. Di zaman modern ini, masyarakat sangat ketergantungan akan iklan. Dimana pun ia berada pasti disitu ada iklan. Iklan dipakai untuk menarik konsumen agar produknya laku di pasaran. Iklan dibuat sekreatif mungkin untuk mendapatkan hati para konsumen.

Perilaku konsumen menurut Shiffman dan Kanuk (2000) adalah “Consumer behavior can be defined as the behavior that customer display in searching for, purchasing, using evaluating and disposing of products, services and ideas they expect will satisfy the needs”. Pernyataan di atas mengartikan perilaku yang dilihat konsumen dalam mencari, membeli, mengevaluasi dan mengabaikan produk, jasa atau ide diharapkan untuk memuaskan kebutuhan konsumen tersebut.

Iklan itu awalnya membuat perhatian di dalam hati konsumen ( attention ), lalu iklan membuat ketertarikan untuk membeli produk tersebut ( interest ). Setelah itu konsumen sudah mempunyai keinginan untuk membeli produk tersebut ( desire ), dan pada akhirnya konsumen mengambil tindakan untuk membeli produk tersebut ( action ).

Komentar :
Kita harus memilah apa yang penting bagi kehidupan kita. Agar iklan tersebut tidak sepenuhnya mempengaruhi perilaku konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar