Selasa, 26 April 2011

Pemasaran Politik


Dalam perkuliahan kapita selekta rabu yang lalu diterangkan tentang pemasaran politik. Pemasaran politik sekarang ini sangat menguntungkan bagi perusahaan pengiklan dalam mengiklankan sesuatu tentang politik. Pengiklan juga mempunyai cara pemasaran mereka yaitu dengan cara melakukan riset khalayak, mengembangkan strategi pemasaran politik, menetapkan program pemasaran politik, dan evaluasi serta perbaikan model pemasaran politik. Langkah – langkah ini biasanya dilakukan oleh pengiklan dalam memasarkan di bidang politik.

Lalu pada tahun 2009, Hasil survei kompas mengatakan bahwa yang paling mempengaruhi pilihan masyarakat dalam menentukan pilihan dalam pemilu biasanya karakterisiknya kesamaan agama, lalu kesamaan etnis, kesamaaan jenis kelompok, kesamaan daerah, dan yang paling kecil mempengaruhinya karateristik yang populer seperti artis / selebritis.

Dalam menciptakan kreativitas pesan atau menciptakan ide yang menarik kepada khalayak harus memiliki jargon – jargon yang spesifik, kekuatan, dan mudah diingat. Lalu selain itu, juga mengenali kebutuhan informasi masyarakat dan lingkungannya.

Dalam melakukan pemasaran, pesan yang disampaikan harusnya simpel. Artinya simpel yaitu pesan tersebut harus sederhana agar mudah dicerna dan diingat oleh masyarakat. Pesan yang disampaikan bisa menarik perhatian sampai bilik suara pemilu dan focus pada sasaran yang dituju. Kemudian selain pesan harus simpel, gagasan pun harus berbeda seperti harus berani tampil beda dalam mengemas pesan politik. Lalu harus membicarakan hal yang controversial dalam menanggapi situasi yang berkembang. Dan beberapa jenis iklan yang paling berpengaruh terhadap pemilih :
       Iklan Televisi                      59,7 %
       Media Cetak                      2,2 %
       Radio                                     1,9 %
       Spanduk                              10,1 %
       Baliho                                    2,9 %
       Stiker                                    2,8 %
       Kaus                                      8,9 %
       Lain – lain                            11,6 %

Tidak ada komentar:

Posting Komentar