Pada perkuliahan kali ini membahas tentang sinetron dalam industri media komunikasi. Maraknya program televisi yang disiarkan membuat masyarakat akan melihat program tersebut. Lalu alat media yang ada sudah beredar di pasaran yaitu televisi yang harganya ternjangkau. Dalam program – program televisi yang ada, paling banyak ratingnya adalah sinetron. Sinetron biasanya dihadirkan pada saat orang – orang pada pulang kerja dan padajam kosong. Jika rating sinetron tersebut tidak mendukung maka rata – rata sinetron tersebut akan dihentikan dengan alasan yang tidak jelas.
Program sinetron itu sangat membodohi masyarakat, karena berpikir dalam dunia maya. Semua stasiun televisi rata – rata selalu memunculkan sinetron dalam acaranya. Padahal masih banyak acara – acara televisi yang sangat berguna dan bermanfaat. Ada 10 stasiun televisi swasta di indonesia yaitu RCTI, SCTV, TV ONE, METRO TV, GLOBAL TV, ANTV, MNC TV, INDOSIAR, TRANS TV, TRANS 7.
Keadaan sekarang ini, masyarakat pada waktu senggang selalu menonton televisi. Lalu para produser akhirnya membuat acara – acara yang menarik perhatian masyarakat agar mendapat rating yang tinggi. Sekarang ini yang paling menarik adalah acara yang menghibur seperti komedi / lawak. Acara tersebut membuat ratingnya tinggi sebab orang yang bekerja dengan pikiran stres ketika menonton acara tersebut dapat melepas suasana stres dengan tertawa pada saat menonton acara tersebut.
Kemudian apabila anak kecil menonton sinetron, akan membuat pola pikir anak tersebut sesuai dengan apa yang ia lihat. Sebab pola pikir ia masih memilih jati dirinya masing – masing. Sehingga tidak boleh menonton sinetron terlalu sering sebab dapat membuat pola pikir seseorang sesuai dengan apa yang ia lihat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar