Rabu, 06 April 2011

Psikologi Komunikasi Massa


Pada perkuliahan kapita selekta pada pertemuan kali ini membahas tentang Psikologi Komunikasi Massa. Psikologi massa merupakan  pembelajaran mengenai tingkah laku banyak orang atau kumpulan manusia mengenai kelompok - kelompok yang terorganisir dengan luas. Psikologi Massa memiliki contoh seperti demo, mendengarkan pidato, dan lain – lain. Demo dilakukan apabila berbagai pihak memiliki kepentingan yang sama untuk melakukan tujuan tertentu.
Biasanya psikologi massa terbentuk karena tujuan yang sama dari berbagai pihak, misalnya suatu kelompok ingin mendengarkan pidato presiden SBY.



Aspek ini merupakan hal yang positif karena mendengarkan pidato sang presiden, selain psikologi massa yang positif ada juga hal yang negatif seperti demo mahasiswa. Demo mahasiswa yang dilakukan merubah tingkah laku setiap mahasiswa yang ada di Indonesia. Sebagian mahasiswa apabila ada konflik atau masalah yang terjadi di Negara Indonesia melakukan demo langsung pada tempatnya. Itu merupakan ciri yang negatif yang terjadi di Indonesia.


Sebagian kecil psikologi massa terbentuk karena ada yang menggerakan pihak tersebut. Yang menggerakan memberikan imbalan berupa uang atau barang dan semacamnya, lalu yang digerakkan menuruti perintahnya dan menyelesaikannya. Tetapi apabila yang digerakkan mendapatkan sanksi, yang bertanggung jawab adalah dirinya sendiri. Seharusnya tidak ada lagi hal – hal semacam itu dan adanya tingkat kesadaran dalam diri masing – masing agar tidak terjadi hal seperti itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar